Sabtu , November 17 2018
Home / Berita & Opini / Beberapa Hari Menjelang Kepulangan Jamaah Haji Asal Probolinggo (Oleh KH. Tauhidullah Badri)

Beberapa Hari Menjelang Kepulangan Jamaah Haji Asal Probolinggo (Oleh KH. Tauhidullah Badri)

Beberapa Hari Menjelang Kepulangan Jamaah

Dalam dinamika kehidupan manusia ada awal ada juga akhir, ada pertemuan pasti ada perpisahan. Beberapa hari yang lalu memasuki kota Makkah, dan tidak sampai dua hari lagi sudah akan meninggalkan Makkah.

Menjelang kepulangan jamaah haji (khusunya kloter 27 kabupaten Probolinggo) yang insyaallah selasa sore akan meninggalkan Makkah menuju Jaddah, selanjutnya sekitar jam 1 dini hari dari Air Port King Abd Aziz Jeddah dengan pesawat Saudia akan diberangkatkan langsung menuju Surabaya.
Beberapa hari ini perasaan jamaah bercampur aduk, antara senang karena hampir bertemu dgn keluarga, tapi juga sedih karena kurang dari dua hari lagi akan berpisah dengan Makkah yang diberkahi.

Kemarin sore seusai penimbangan dan pengangkutan koper besar oleh penerbangan Saudia, beberapa jamaah memandangnya dengan penuh haru, bahkan ada yang menangis sesunggukan. Ketika ditanya kenapa menangis? “Tidak terasa sudah hampir pulang ya, sudah mau meninggalkan Makkah”. Ungkapnya dengan penuh haru, seolah berat meninggalkan kota Makkah.

Menjelang kepulangan ke kampung halaman, intensitas Jamaah dalam berbadah semakin meningkat, membaca Al-Qur’an, melakukan umrah sunnah dan shalat berjamaah di masjidil haram. “Pumpung masih di Makkah pahalanya berlimpah, kalau di Indonesia kan lain, dan belum tentu bisa kembali kesini lagi”. Demikian ujar sebagian jamaah dgn penuh semangat.

Alhamdulillah proses penimbangan berjalan cepat dan lancar. Karena semua jamaah kloter 27 khususnya, berat kopernya tdk melebihi kapasitas yang sdh ditentukan oleh penerbangan (batas maxsimum 32 kl). Hal tersebut sudah diantisipasi oleh petugas kloter dengan melakukan penimbangan koper sebelum ditimbang oleh petugas dari penerbangan Saudia.

Semoga semua jamaah diberikan kelancaran, kesehatan dan keselamatan. Aamiin.

Makkah 2018

 

Publisher : Sanusi Wardana

Check Also

Pendirian dan Pemikiran Kh. Badri Mashduqi terhadap Pancasila

*PENDIRIAN DAN PEMIKIRAN KH.BADRI MASHDUQI TERHADAP PANCASILA* KH.Badri Mashduqi adalah sosok yang memiliki sikap tegas, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *