oleh

Bentuk Motivasi MA. Badridduja terhadap Siswa-Siswi Berprestasi

Bentuk Motivasi MA. Badridduja terhadap Siswa-Siswi Berprestasi
Firman Allah SWT dalam surat Al zalzalah ayat 7-8 yang Artinya : _”Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat dzarrahpun, niscaya dia akan melihat (balasan) nya”._

Hadist Rasulullah SAW _“Barang siapa yang mempelajari sebuah bab dari ilmu untuk diajarkan kepada manusia, maka diberikan dia pahala tujuh puluh orang Nabi”._ (Usman Bin Hasan Bin Ahmad: 46).

Dalam Islam pendidikan yang berkaitan dengan pemberian reward adalah adanya ganjaran yang diberikan kepada pemeluknya untuk senantiasa menjadi seorang yang taat.

Di dasari dari pengertian di atas, pemberian hadiah (reward) di suatu lembaga pendidikan merupakan salah satu bentuk alat pendidikan dalam proses pembelajaran yang dilakukan guru untuk anak didik sebagai satu pendorong, penyemangat dan motivasi agar anak didik lebih meningkatkan prestasi hasil belajar sesuai yang diharapkan. Dan diharapkan dari pemberian hadiah tersebut muncul keinginan dari diri anak untuk lebih membangkitkan minat belajar yang tumbuh dari dalam diri siswa sendiri.

Reward (Hadiah) merupakan sesuatu yang disenangi dan digemari oleh anak-anak, dapat diberikan kepada siapa saja yang mampu memenuhi harapan, yakni mencapai tujuan yang ditentukan, atau bahkan melebihinya. Besar kecilnya reward yang diberikan bergantung kepada banyak hal, terutama ditentukan oleh tingkat pencapaian yang telah diraih.

Jadi dapat disimpulkan bahwa reward adalah suatu cara yang dilakukan oleh guru untuk memberikan suatu penghargaan kepada anak didik karena sudah melakukan suatu hal yang benar, sehingga anak bisa semangat lagi dalam mengerjakan perbuatan atau tugas tersebut.

Oleh karena hal tersebut, sebagai puncak dari acara rapat wali santri dan pemberian raport semester ganjil tahun pelajaran 2020-2021 yg dilaksanakan oleh lembaga-lembaga naungan Yayasan Badridduja, MA Badridduja pada hari Kamis, 14 Januari 2020 memberikan Reward kepada siswa siswinya yg berprestasi dibidang akademik dalam pembelajaran selama satu semester

Adapun prestasi siswa siswi MA. Badridduja yg diberikan penghargaan sebagai Reward tersebut diantaranya adalah siswa terbaik 1, 2 & 3 dalam setiap kelasnya, bukan hanya cukup disitu, juga sebagai penyemangat kepada seluruh siswa-siswi MA Badriduja umumnya, diberikan penghargaan kepada ananda Himmatul Karomah Putri dari Bpk. Syamsuddin sebagai Bintang pelajar MA Badriduja semester ganjil tahun pelajaran 2020-2021 yg secara penilaian dibidang akademik, baik dalam penilaian Spiritual, Sosial, Pengetahuan dan Keterampilan serta jajak pendapat dewan guru, melampui siswa-siswi terbaik lainnya.

Dalam kesempatan tsb, dihadapan para undangan dan wali santri, Amsori, M.Pd sebagai kepala madrasah MA memberikan plakat penghargaan dan tropi sembari memberikan motivasi kepada siswa-siswi yg berprestasi agar senantiasa menjaga dan meningkatkan semangat belajarnya untuk lebih baik lagi, dan kepda siswa-siswa yg belum berprestasi, untuk selalu disiplin, tekun belajar dan bisa membanggakan kedua orang tua dan lembaga, tidak lupa memohon do’a kepada seluruh wali murid agar senantiasa mendo’akan putra-putrinya dan lembaga, agar lembaga MA. Badridduja menjadi lembaga yg maju dan bisa menjawab tuntutan wali murid dan tantangan dunia pendidikan. (fm_pen)

Paduan Suara
Pembawa Acara 3 Bahasa

Editor : fm_pen

Publis : S_W

Komentar

Informasi Terbaru