oleh

Besi Karat dan Belerang Merah

BESI KARAT & BELERANG MERAH

Hubungan antara guru dan murid bukan hanya didunia semata tapi yang jauh lebih penting adalah menjaga hubungan tersebut sampai ke akherat, karna berdasarkan ajaran salafunas sholeh dalam ilmu tasawuf tentang akhlak dan adzab yg dilandaskan firman Allah SWT dalam Al-Qur’an
ومن يضلل الله فلن تجد له وليا مرشدا
Orang yg dikehendaki sesat oleh Allah maka dia tidak akan pernah menemukan Dan mendapatkan seorang guru/mursyid

(Berdasarkan firman tersebut, hubungan secara biologis (hubungan orang tua dan anak) itu tidak begitu berarti dipandangan putra-putri Syaikhuna KH. Badri Masduqi, mereka lebih menganggap Syaikhuna KH. Badri Masdhuqi bukan hanya sebagai orang tua tapi lebih kepada seorang guru /mursyid, dan hal tersebutlah yg mempertemukan putra-putri beliau (secara biologis) dengan putra-putri Syaikhuna KH. Badri Masdhuqi (secara nasab keilmuan) dalam ikatan persaudaraan.)

Ulama’ tasawuf mengatakan “jika kau mendapatkan seorang guru (mursyid) maka bliau tak ubahnya seperti belerang merah ” , artinya jika dikaji dengan ilmu fisika setiap besi karat yg dicelupkan ke belerang merah tsb maka dia akan berubah menjadi emas..

Oleh karenanya, seburuk dan sehina apapun seseorang murid, jika tetap dan istiqomah dalam menjaga hubungan dengan gurunya maka ia kelak insyallah akan menjadi emas yg diharapkan. (fm)
Wallahu A’lam.

(Kutipan ceramah KH. Musthofa Qhutbi Badri)

 

Publisher : Sanusi Wardana

Komentar

Informasi Terbaru