oleh

Generasi Berorganisasi bukan Generasi Kaleng-kaleng

Generasi Berorganisasi bukan generasi kaleng-kaleng

(dikutip dari sambutan KH. Tauhidullah Badri, pada PELANTIKAN OSIS & MPK SMP Badridduja FDS, Kraksaan, 22 Agustus 2020)

Keaktifan anak didalam berorganisasi disuatu instansi sekolah, bukanlah suatu hal yang mengganggu akan keberlangsungan mereka dalam mengikuti setiap program KBM, namun hal tsb juga sebagai bentuk proses pembelajaran didalam membentuk karakter yang dituju.
Proses pembelajaran bukan hanya terbatasi oleh ruang kelas dan materi-materi yang telah dicantumkan dalam kurikulum saja, justru setiap kegiatan terarah dan kepercayaan yang diberikan kepada mereka sebagai bentuk pengabdian didalam berorganisasi adalah bentuk proses pembelajaran untuk menjadi generasi tangguh dan bertanggung jawab, bukan sebagai generasi kaleng-kaleng.

Karena dalam berorganisasi anak bisa belajar dan berproses didalam menghadapi setiap problematikanya dan berproses didalam mencari dan menentukan penyelesainnya.

Salah satu maqolah Arab mengatakan :
شبان اليوم رجال الغد
“pemuda hari ini, adalah pemimpin masa depan”
hal tsb tidak bisa dicapai hanya dengan mendalami dan memperlajari materi-materi yang dicantumkan dalam kurikulum saja, namun harus juga lebih kepada membangun mental atau jiwa anak agar bisa menghadapi segala problematika yang ada di masyarakat.

Pelantikan Osis SMP Badridduja FDS

Ditinjau dari sisi kemanusiawiannya, bahwa sebelum Nabi Muhammad diangkat menjadi Rasul oleh Allah SWT, didalam membentuk karakter tangguh dan jiwa bertanggung jawab Rasulullah adalah seorang pengembala kambing, dimana didalam mengembala tsb tertatanam beberapa karakter pemimpin yg akan dicapai oleh pengembalanya, baik itu karakter Tangguh, Sabar, Bertanggung Jawab, bijaksana dan lainnya.

Oleh karenanya didalam satu hadis kata “Pemimpin” diambil dari kata “Pengembala”
كلكم راع وكلكم مسؤل عن راعياته

“setiap kalian adalah seorang pemimpin, dan setiap kalian akan dimintai pertanggung jawaban atas apa yg dipimpin” (eFeM_pen)

 

Publis : Admin S_W

Komentar

Informasi Terbaru