oleh

Hebat…! OSIS MTs dan MA Badridduja Mulai Kegiatan Forum Diskusi dan Bimbingan Menulis Buku

KRAKSAAN (27/02/2020)—OSIS MTs dan MA Badridduja Kraksaan Probolinggo pada pertengahan tahun pelajaran 2019/2020 telah melangsungkan kegiatan baru, yaitu “Forum Diskusi dan Bimbingan Menulis Buku.”

Penggerak kegiatan ini adalah pengurus OSIS MTs dan MA Badridduja Kraksaan dengan tujuan khusus untuk mengasah kemampuan berpikir kritis konstruktif (membangun) melalui forum diskusi dan keterampilan mereka perihal bagaimana menjadi penulis handal, mulai dari mencari sebuah ide kreatif dalam menulis, menumbuhkan kebiasaan menulis, hingga tips dan trik menerbitkan karya tersebut menjadi sebuah buku.

Pada hari ini, Kamis, 27 Februari 2020, dimulai pukul 14.00-16.00 WIB, telah berlangsung forum diskusi dan bimbingan menulis buku dengan mengambil tempat di depan perpustakaan MTs dan MA Badridduja Kraksaan.

Acara seremonial diawali oleh MC dari siswa MA, dilanjutkan sambutan mewakili Osis MTs dan MA oleh saudara Deny, sambutan pembina Osis diwakili Syukran Sabar, M. Pd, sambutan atas nama kepala MTs dan MA diwakili oleh kepala Madrasah Aliyah Badridduja (Amsori, M. Pd) dan ditutup dengan doa oleh Saiful Bahri, S. Pd (Pembina Osis MA).

Setelah serimonial kemudin dilanjutkan forum diskusi, diikuti oleh para siswa sekitar 30-an (putra-putri) dari MTs dan MA Badridduja. Beberapa hari sebelumnya dilakukan seleksi ketat berdasarkan minat mereka, tes kampuan dan dasar-dasar kemampuan menulis yang mereka dapatkan selama belajarnya.

Sebagai langkah awal, narasumber dalam forum ini adalah Saifullah, S. Sos. I., M. Pd, penulis buku biografi KH Badri Mashduqi, guru MTs dan MA Badridduja. Selesai narasumber menyampaikan beberapa hal tentang bagaimana seharusnya menjadi penulis buku, baru kemudian dilanjutkan tanya jawab.

Dengan penuh semangat dua perwakilan siswa bertanya dan kemudian dari dua orang siswi pula mendapat kesempatan yang sama. Kemudian, narasumber memberikan jawabannya.

Oleh karena masih terbilang program kegiatan baru, maka pengurus Osis nantinya akan menindaklanjutinya berkaitan dengan waktu pelaksanaan pada pertemuan yang akan datang.

Seperti disampaikan oleh narasumber, Saifullah menyatakan, bahwa dalam forum diskusi dan bimbingan menulis buku pada pertemuan-pertemuan lanjutan terdapat narasumber lain yang memang ahli menulis serta sudah memiliki sejumlah karya buku.

 

Penulis : Saifullah

Publisher : Sanusi

Komentar

Informasi Terbaru