oleh

JPMS dan Tujuh Belasan Dua Majelis Khas Pesantren Badridduja

Di Pondok Pesantren Badridduja Kraksaan Probolinggo terdapat “Dua Majelis” yang merupakan warisan Almarhum Almaghfurlah KH.Badri Mashduqi. Kedua Majelis ini merupakan wadah pembinaan umat Islam: Jam’iyah Pengajian Malam Selasa yang disingkat dengan JPMS adalah majelis yang menitikberatkan kepada pembinaan syariat dan pembinaan mental spritual umat Islam, dengan ciri khas pengajian ini, pengajian kitab Sulam-Safinah, ceramah agama dan Istighatsah.

Pada umumnya jamaah ini adalah masyarakat umum. Sementara Majelis Tujuh Belasan adalah kegiatan Thariqah Tijaniyah yang merupakan wadah kegiatan ikhwan Tijani, rutin dilaksanakan pada tanggal 17 Hijriyah.

Sejarah lahirnya Jam’iyah Pengajian Malam Selasa atau JPMS, menurut sebagian saksi sejarah, lahir di masa-masa awal berdirinya Pondok Pesantren Badridduja. Pesantren ini lahir pada tahun 1967 M. Sementara sejarah lahirnya TUJUH BELASAN pada tahun 1980/1981.

Alhdulillah sampai saat ini kedua Majelis ini berjalan dan terus berkembang. Yang mengisi ceramah JPMS mayoritas putra-putri serta menantu Alm.KH.Badri Mashduqi, di antaranya, KH.Tauhidullah Badri dan KH.Musthofa Qutbi Badri, MA., dan yang mengisi kegiatan Tujuh Belasan adalah KH.Musthofa Qutbi Badri dengan dibantu oleh KH.M.Jaiz Badri dari Situbondo.

Semoga kedua Majelis tersebut terus berkembang untuk pembinaan umat Islam. Aamiin.

 

Penulis : Syaifullah
Publisher Abdullah Afyudi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Terbaru