Sabtu , November 17 2018
Home / Berita & Opini / KATA-KATA HIKMAH KH.BADRI MASHDUQI SEPUTAR PENDIDIKAN PESANTREN

KATA-KATA HIKMAH KH.BADRI MASHDUQI SEPUTAR PENDIDIKAN PESANTREN

KATA-KATA HIKMAH KH.BADRI MASHDUQI SEPUTAR PENDIDIKAN PESANTREN

1. Ketahuilah olehmu sekalian, Madrasah dan Pondok Pesantren adalah benteng pertahanan Islam yang amat tangguh untuk melindungi penghuni-penghuninya dari gangguan bandit-bandit, yaitu penyamun-penyamun, perampok-perampok dan pencuri-pencuri.

2. Fiqih itu bukan cuma teori. Fiqih itu harus turun ke lapangan, ke medan kehidupan insaniah dan harus ikut memecahkan dan menyelesaikan musykil-musykil.

3. Apalah artinya kemajuan teknologi kalau tidak untuk mengurangi kemaksiatan dan kejahatan, disamping untuk kemajuan ibadah dan takwa kepada Allah.

4. Kalau manusianya sudah bobrok serta rusak, dan kemanusiaanya sudah bejat, lalu apa kemajuan teknologi itu ? Lalu apa artinya kemajuan bidang keduniaan dan kebendaan ?

5. Pondok Pesantren sebagai benteng pertahanan ajaran-ajaran Ahlussunnah wal Jamaah dan gudang penyimpanan ilmu dan pabrik yang memproduksi ulama jangan sampai kering.

6. Pondok Pesantren yang tidak menggembleng Ruhul Mujahadah kepada santri-santrinya akan kehilangan pamor.

7. Heran kalau banyak menguasai bahasa asing padahal sulit tapi tidak tahu Wujud, Qidam, Baqa’ dan seterusnya…Apalagi tidak bisa baca Syahadat Dua dan Assalamu’alaikum dan seterusnya, padahal gampang asal ada kemauan.

Kraksaan, 25 September 2017

# Referensi : Hasil penelitian lembaga Syaikh Badri Institute berupa makalah dan naskah-naskah milik Almarhum KH.Badri Mashduqi.

Check Also

Pendirian dan Pemikiran Kh. Badri Mashduqi terhadap Pancasila

*PENDIRIAN DAN PEMIKIRAN KH.BADRI MASHDUQI TERHADAP PANCASILA* KH.Badri Mashduqi adalah sosok yang memiliki sikap tegas, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *