oleh

Kenapa Tahun Baru Kok Bersholawatan?

Kenapa Tahun Baru Kok Bersholawatan ?

Mengutuk kegelapan tak akan bisa merubah gelap menjadi terang. Lebih baik hidupkan lentera agar bisa menerangi kegelapan.
Demikian juga kenapa kita sholawatan bersama di tahun baru masehi ini, bukan untuk merayakannya, tapi untuk menandingi atau mengiringi ma’siyat yg banyak terjadi di malam tahun baru ini dengan ketaatan (dengan bersholawat, dzikir, bermuhasabah dll).

Sesuai sabda Nabi dari Abu Dzar Al Ghifari radhiallahu’anhu, ia berkata: ‘Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda,

اتق الله حيثما كنت ، وأتبع السيئة الحسنة تمحها، وخالق الناس بخلق حسن

Bertaqwalah kepada Allah dimanapun engkau berada, dan hendaknya kejelekan (ma’siyat yg terjadi di mlm thn baru) engkau iringi (diikuti atau tandingi) dengan kebaikan (atau ketaatan) yang dapat menghapusnya (dampak buruk dsb). Serta bergaulah dengan orang lain dengan akhlak yang baik‘” (HR. Ahmad 21354, Tirmidzi 1987, ia berkata: ‘hadits ini hasan shahih’)

Agar la’nat atau adzab yang semestinya Allah turunkan karna banyaknya ma’siat, Allah rubah dengan diturunkannya ampunan, berkah dan rahmat. Dan tentunya kita juga mendoakan saudara kita yang sedang berma’siat agar Allah beri hidayah. Tapi, jika tidak bisa seperti itu cukup diam dirumah, itu solusi agar terhindar dari ma’siat yang merajalela di tahun baru.
Semoga bermanfaat.

 

Penulis : Kiai Tauhidullah Badri

Publisher : Sanusi Wardana

Komentar

Informasi Terbaru