oleh

Kiai Badri Mashduqi : “Try atau Habibie”

Kiai Badri Mashduqi: “Try atau Habibie”

Di masa pemerintahan Orde Baru berkuasa, dan Pak Harto mendapat dukungan kembali untuk mencalonkan sebagai orang nomor satu di negeri ini, termasuk dukungan dari Kiai Badri Mashduqi, yaitu kepemimpinan Presiden periode 1993/1998, dan kemudian yang getol ditanya oleh Kiai Badri kepada Pak Harto, tentang siapa yang akan dipilih menjadi wakil Presiden berikutnya.

KH.Badri Mashduqi, julukan Kiai Istikharah yang melekat padanya, setelah ia melakukan istikharah dan berhasil mengumpulkan 1000 tanda tangan ulama Jatim mendukung Pak Harto, sebelum SU MPR (red.). Kiai yang memang dikenal dekat dengan Pak Harto, Kiai Badri Mashduqi, oleh wartawan selalu ditanya: Siapa tokoh yang disiapkan untuk memimpin bangsa kita kelak?

Kiai Badri Mashduqi menjawab pertanyaan wartawan tersebut: “Menurut Pak Harto, kalau saya tanya selalu bilang, “Try atau Habibie.” Persoalannya, bagaimana kedua tokoh ini bisa rukun dan kerjasama. Soalnya, militer tanpa teknologi juga non sen, dan sebaliknya teknologi saja juga kurang pas tanpa stabilitas.”

Tentang tulisan ini, penulis sengaja menulis kembali sebagai bagian yang tak terpisahkan dari sekian sejarah kepemimpinan tokoh yang berjasa di negeri ini. Baik Pak Try maupun Pak Habibie adalah orang yang berjasa. Dan khusus Pak Habibie, sehari sebelum tulisan ini, kini telah berpulang ke haribaan Sang Ilahi, tepatnya kemarin pada hari Rabu sore, 11 September 2019.

Selamat jalan Pak Habibie, semoga tenang di alam surgawi. Aamiin.

Kraksaan Probolinggo, 12 September 2019

 

Penulis : Saifullah (Ketua Syaikh Badri Institute)

Publisher : Sanusi Wardana

Komentar

Informasi Terbaru