oleh

Kisah Pesantren Badridduja dan Kiai Mashduqi

Kisah Pesantren BADRIDDUJA dan KIAI MASHDUQI

Semua kalangan pasti banyak mengetahuinya, terutama kalangan santri yang telah mondok di Pesantren Badridduja, bahwa pendiri Pondok Pesantren BADRIDDUJA adalah seorang yang _’Alim ‘Allamah,_ yaitu KH.Badri Mashduqi. Tapi ternyata—Pesantren Badridduja yang berdiri pada tahun 1967 ini—, tidak pula dilepas dari seorang ayahandanya, yaitu seorang Waliyullah _Rijalul Ghaib,_ Kiai Mashduqi.

Dikisahkan oleh seorang alumni senior Pondok Pesantren Badridduja, Kiai Abdul Basit, Desa Bulang, Gending, Probolinggo—mulai mondok Abdul Basit pada tahun 1968—, berikut ini kisahnya:

Berawal dari Abdul Basit bersama seorang temannya (berdua), diminta memijat (pijat) oleh KH.Badri Mashduqi. Disela-sela memijat, Abdul Basit memberanikan diri bertanya.

“Cangkolang pamator, Keae, Keae Mashduqi ka’dhinto, ca’epon panjenengan: “Jhe’ mondhug ka kaule, mondhug ka Keae Mashduqi-na…!” Bedhe ka’dhimma, Keae? (Mohon maaf mau bertanya, Kiai, Kiai Mashduqi itu, kata panjengan: “Jangan mondok ke saya, mondoklah ke Kiai Mashduqi-nya!” Ada dimana, Kiai?),” tanya Abdul Basit penasaran.

“Bee, dika ta’ taoh ghi? (Oo, kamu belum tahu ya?),” jawab Kiai.

“Bunten, Keae (Tidak, Kiai),” jawab Abdul Basit.

Setelah itu, Abdul Basit diberi amalan oleh KH.Badri Mashduqi, yaitu amalan _Rijalul Ghaib._ Setelah diamalkannya, Abdul Basit bermimpi di-rauhi Kiai Mashduqi. Abdul Basit sempat menuturkan kisah mimpi tersebut kepada KH.Badri Mashduqi.

“Jhe’ mondhug ka kaule, mondhug ka Keae Mashduqi. Kaule coma’ daddi jurkoncenna neng gu’enje! (Jangan mondok pada saya, mondoklah kepada Kiai Mashduqi, saya sebatas juru kunci di sini!),” tegas KH.Badri Mashduqi.

Dengan demikian, berarti Pondok Pesantren Badridduja, selain peranan KH.Badri Mashduqi, juga Pesantren ini (Badridduja) tidak bisa dilepas dari sejarah dan peranan seorang ayahanda KH.Badri Mashduqi, Sang Wali _Rijalul Ghaib_ Kiai Mashduqi.

Semoga Pesantren Badridduja tetap jaya sepanjang masa. Aamiin.

#Wawancara dan silaturrahim dalam kegiatan kunjungan untuk rekrutmen santri baru bersama santri senior Ponpes Badridduja, K.Abdul Basit, di Desa Bulang, Gending, Probolinggo, pada hari Kamis, 4 April 2019

Kraksaan, 6 April 2019

Penulis : Saifullah

Publisher  : Sanusi Wardana

Komentar

Informasi Terbaru