oleh

Menghidupkan Pengurus Kelas di Madrasah / Sekolah di Yayasan Badridduja

MENGHIDUPKAN PENGURUS KELAS DI MADRASAH/SEKOLAH

1. Pengurus kelas punya peran penting dalam mengaktifkan kegiatan kelompok belajar. Jadikan pengurus kelas sebagai aktivis-aktivis dalam menggiatkan kelompok-kelompok belajar di dalam kelas. Dari sinilah munculnya calon-calon aktivis atau intelektual. Bisa melalui pengawasan guru yang punya bagian mengajar dan atau dapat membantu guru piket ketika guru berhalangan.
2. Melatih siswa berjiwa kepemimpinan di bawah pembinaan wali kelas. Pentingnya pengurus kelas diberikan petunjuk-petunjuk pembagian tugas agar mereka punya acuan teknis pelaksanaanya.
3. Membantu kelancaran di Madrasah, misalnya, pembayaran biaya siswa ke madrasah. Minimal mereka (pengurus kelas) menjadi penyalur untuk mengkomunikasikan bagi siapa-siapa saja yang tidak disiplin membayar keuangan madrasah/sekolah. Di situ mungkin saja terdapat seksi keamanan yang diantara tugasnya memberikan sanksi-sanksi sekedar mengingatkan dengan tetap menjaga kebersamaan di antara mereka sebagai sesama siswa.
4. Membantu guru-guru dalam ikut serta mengatasi masalah-masalah dalam pelajaran atau kedisiplinan. Misal, terdapat siswa yang lemah dari materi atau melaksanakan tugas, maka pengurus kelas, melalui seksi pendidikannya juga membantu mengorganisasikan siapa-siapa yang dipandang lebih mampu dan kemudian diatur untuk mendampingi bagi temannya yang kurang mampu (dalam pengawasan guru).
5. Jiwa kepemimpinan juga bisa dikoordiner oleh pengurus kelas melalui seksi kepramukaan. Ini sangat berpengaruh besar dalam ikut serta menjadi aktivis-aktivis kepramukaan. Bisa juga dilakukan di saat ada rapat guru atau mungkin rapat bulanan. Guru-guru tetap bersktivitas dengan konsentrasi dalam rapat sementara siswa-siswa di kelas menggiatkan kegiatan kepramukaan.
6. Pengurus kelas juga punya peran penting dalam kompetisi Class Meeting. Pengurus kelas adalah motor penggeraknya. Sekali-kali pengurus kelasnya diberi penghargaan bahwa karena peran pengurus kelas sehingga kelasnya bisa meraih juara atau berprestasi. Tujuannya adalah untuk kompetisi antarkelas biar mereka terlatih bersaing yang tentunya secara positif.
7. Dll.

Kraksaan, 4 Agustus 2018

Saifullah

 

Publisher : Sanusi Wardana

Komentar

Informasi Terbaru