oleh

Peduli Sesama, KH Muzayyan Bangunkan Rumah Warga Kurang Mampu

Peduli Sesama, KH Muzayyan Bangunkan Rumah Warga Kurang Mampu

Dalam sebuah Diskusi dan Bincang Santai Menjelang Tahlilan ke-7 Hari Wafatnya Almarhum KH Muzayyan Badri, dengan tema pembahasan, “Penulisan Buku Biografi KH Muzayyan Badri.”

Tujuan dimunculkan tema ini untuk menjadi pemula dimulainya “Penulisan Buku Biografi KH Muzayyan,” tepat pada momentum menjelang dimulainya hari ke-7 atas wafatnya almarhum KH Muzayyan Badri.

Sore, pukul 15.45 WIB, Ahad, 9 Februari 2020, di Kraksaan, tepatnya di Rumah Pak Hilmy, selatan Ponpes Badridduja Kraksaan Probolinggo, berlangsung diskusi dan bincang santai dengan sebagian pecinta almarhum.

Sengaja dalam kesempatan diskusi ini, seorang warga di selatan Ponpes Badridduja di datangkan yaitu Pak Syafi’i memberikan kesaksiannya tentang sosok KH Muzayyan.

Pak Syafi’i, kegiatan sehari-harinya adalah sopir truk. Dia mempunyai pengalaman menarik tentang, betapa KH Muzayyan sebagai sosok yang gateh (peduli) sesama masyarakat sekitar. Kepada penulis, Pak Syafi’i menyatakan :

“Compo’ kaule asalla tabing bisa aobe gedung karna sombengan Lora Muzayyan. Beddih, bhetah, Lora Muzayyan dibi’ se mesen (Rumah saya berasal dari tabing [rumah berdinding dari anyaman bambu] bisa berubah jadi rumah gedung karena sumbangan Lora Muzayyan. Pasir, bata, Lora Muzayyan sendiri yang memesankan),” kata Pak Syafi’i mengenangnya.

Begitulah sekilas betapa KH Muzayyan sebagai sosok yang mempunyai kepedulian besar terhadap warga kurang mampu. Secara detail kisah Pak Syafi’i akan dimuat dalam buku Biografi KH Muzayyan Badri.

 

 

Penulis : Saifullah (Ketua Syaikh Badri Institute)

Publisher : Sanusi

Komentar

Informasi Terbaru