oleh

Pembelajaran Eksperimen di MTs Badridduja Memotivasi Siswa Lebih Kreatif

Pembelajaran Eksperimen di MTs Badridduja Memotivasi Siswa Lebih Kreatif

KRAKSAAN (22/7/2020)—Siswa MTs Badridduja Kraksaan kelas 9 membuat media pembelajaran sendiri. Melalui media yang nyata, semua mereka akan tertarik untuk berpikir membuat konsep, bertindak melakukan karya kreatif, dan bekerja sama antarsiswa dalam menggunakan media pembelajarannya secara cermat, sehingga menghasilkan karya yang dapat berguna bagi dirinya, teman-temannya, dan lingkungan sekitarnya.

Saifullah bersama Siswi MTs Badridduja

Siswa kelas 9 didampingi guru Bahasa Indonesia (Saifullah, S. Sos. I). Para siswa ini tertarik membuat karya sendiri sebagai media eksperimen di kelasnya sendiri. Dalam pembelajaran menggunakan media yaitu dengan melakukan percobaan yang bersistem dan berencana untuk membuat karya nyata yang dapat dilihat, diraba, dan hasilnya dapat dinikmati oleh siswa sendiri atau orang lain yang mendapat kesempatan untuk memanfaatkan hasil karya siswa tersebut.

Sejumlah karya mereka yang telah berhasil dibuatnya:

1. Perahu kertas di dalam kotak
2. Pesawat kertas
3. Kelelawar kertas di dalam sangkar
4. Taman bunga kardus dan kertas
5. Rumah kardus

Siswa semangat untuk terus berkarya dan senang berproses. Proses pembelajaran di atas dapat menggunakan metode eksperimen. Metode ini adalah suatu cara mengatur pembelajaran dengan melibatkan siswa untuk melakukan aktivitas percobaan dengan tujuan agar siswa dapat mengalami dan membuktikannya sendiri tentang sesuatu yang sedang dipelajarinya. Melalui metode ini akan membuat siswa lebih banyak memiliki kesempatan untuk mengalami sendiri proses pembelajarannya.

Dengan melakukan eksperimen, maka setiap siswa di kelas ini akan termotivasi untuk menggali ilmu yang belum diketahui oleh mereka dan akan mengembangkan ilmu yang sudah mereka ketahui sebelumnya. Setiap siswa akan belajar mengamati objek, menganalisis objek, dan membuktikannya sendiri, kemudian siswa dapat menarik simpulannya sendiri tentang obyek yang dipelajarinya.

Kraksaan, 22 Juli 2020

Penulis : Saifullah

Publisher : Sanusi

Komentar

Informasi Terbaru