oleh

Penanaman Karakter Islami SMP-SMA Unggulan Badridduja Melalui Ziaroh Kubur

PENANAMAN KARAKTER ISLAMI SISWA SISWI SMP FDS & SMA UNGGULAN BADRIDDUJA MELALUI ZIARAH KUBUR

KRAKSAAN-Selasa (21/01/2020) Merupakan rentetan acara Ulang tahun ke 8 dan ke 4 SMP FDS dan SMA Unggulan Badridduja, adalah Ziaroh Maqbaroh pendiri PP. Badridduja dan Ziaroh maqbaroh Kuburan umum masyarakat sekitar pondok pesantren Badridduja Kraksaan Probolinggo, dimana acara tersebut dilaksanakan dalam dua hari, Senin – Selasa , 20 – 21 Januari 2020. Hal ini dikarenakan ada enam titik makbaroh (kuburan) yg akan diziarohi oleh segenap pimpinan, guru, karyawan serta siswa siswi SMP FDS dan SMA Unggulan Badridduja, “di Hari senin, kita akan menziarahi 3 titik kuburan yaitu Maqbaroh syaikhuna Badri Masduqi dikomplek Masjid Darussalam PP. Badridduja, dan dua kuburan Umum bagian selatan PP. Badridduja yang terletak di gang Karang Juwet dan gang Krajan Kraksaan Wetan, sedangkan dihari Selasa juga ada tiga titik kuburan yg akan kita ziarahi yakni Maqbaroh Istri tercinta dari KH. Badri Masduqi, (Almarhumah Nyai Hj. Maryamah Ansori) yg terletak di komplek PP. Al-Masdhuqiyah Patokan Kraksaan, serta dua kuburan Umum diaderah sekitar pondok pesantren Badridduja bagian utara lebih tepatnya kuburan umum didaerah Sidopekso Kraksaan” terang Penanggung Jawab acara tersebut.

Ziaroh Makam

Dihari pertama, acara yang dimulai dari pukul 08.00 Wib trsbut, diawali dengan ziarah ke maqbaroh KH. Badri Masduqi, dalam kesempatan tsb peserta ziarah mengawali dengan membaca salam dan do’a ziaroh maqbaroh, kemudian dilanjutkan pembacaan Yasin serta tahlil dan diakhiri dengan do’a oleh Kepala Sekolah SMP FDS Badridduja , Ust. Moh. Aqiduddin, M. Pd. Kemudian seluruh peserta melanjutkan ziaroh kuburan masyarakat sekitar yaitu di Karang Juwet dan Gang Krajan, hal tsb mendapat tanggapan positif dari warga sekitar, dari yang menyediakan air mineral untuk peserta, nasi bungkus dan mempersilahkan kepala, guru dan karyawan untuk makan siang bersama dirumah salah satu warga.

Ziaroh Ke Maqbaroh Almh Nyai Hj. Maryamah Anshori & Almh Nyai Hj. Fatmah Mawardi

Dihari kedua, ziarah maqbaroh dilanjutkan ke komplek PP. Al-Masduqiah dimana Ny. Hj. Maryamah Ansori disemayamkan, rombongan diterima antusias oleh pengurus PP. Al-Masduqiah, acara pun berlangsung secara khidmat, mulai dari pembacaan Yasin, Tahlil dan do’a, kemudian peserta ziarah melanjutkan agendanya ke dua kuburan didaerah sekitar yaitu kuburan umum bujuk Ungu, dan kuburun umum bujuk konang diadaerah sidopekso, dalam kesempatan tsb tokoh masyarakat mengucapkan banyak trimakasih dan mengharap acara tsb diagendakan setiap tahunnya, acara yg dimulai dari jam 08.00 tsb berakhir denganĀ  sowan kepada Ny. Hj. Hamidah (ibunda dari KH. Jaiz Badri) yg dilakukan oleh pengurus putri bersama santriwati. “Ziarah Maqbaroh ini ditujukan untuk menanamkan karakter yg Islami, dan mengingat bahwa ada kehidupan setelah kehidupan dunia kepada seluruh peserta didik yang menimba ilmu di SMP FDS dan SMA Unggulan Badridduja” ungkap kepala Sekolah SMP FDS Badridduja.

 

Penulis : Fathul Mubin

Puslisher : Sanusi

Komentar

Informasi Terbaru