oleh

Pentingnya Musyawarah dan Melibatkan Allah

Pentingnya Musyawarah dan Melibatkan Allah

Dapat kita ambil sebuah pelajaran berharga, bagaimana untuk menentukan hijrah Rasullah? Ketika sahabat Abu Bakar menanyakannya kepada Rasulullah, “Kapan ya Rasulullah kita berhijrah?” Dari sini Rasulullah tidak langsung menentukan kapan. Ada proses musyawarah, ada proses perencanaan, melibatkan banyak orang dan banyak kelompok.

Dan yang tak kalah penting adalah, setelah kita melakukan ikhtiar, setelah kita melakukan atau usaha dan kerja keras. Dari hasil apa yang kita lakukan, semua itu hak prerogatif Allah.

“Siapa yang berbuat, dialah yang mendapatkan hasilnya, dia pulalah yang mendapatkan barokah dari-Nya.”

Yang tak kalah penting pula adalah nawaitu-nya, bahwa kesuksesan dan ending dari semua apa yang kita lakukan, dan merupakan sesuatu yang bagus, betul-betul selalu melibatkan Allah SWT.

Nawaitu kita dalam berbuat:
Bukan untuk membesarkan nama pribadi, bukan untuk membesarkan nama saya, bukan untuk membesarkan nama Almarhum KH.Badri Mashduqi, bukan untuk membesarkan tujuan apa-apa yang telah menjadi hasil jerih payah beliau, yaitu Pesantren Badridduja dan Majelis-Majelis. Tapi tujuannya adalah untuk membesarkan Agama Islam, Izzul Islam wal Muslimin, dan membesarkan risalah yang dibawa Rasulullah SAW.

“Apa yang kita lakukan pasti Allah membalasnya. Dan semua hasilnya hanya Allah yang menentukan segala-galanya.”

“Apalah artinya yang kita lakukan kalau hanya membesarkan pribadinya. Apalah artinya semua itu kalau tidak bisa memberikan manfaat pada kehidupan.”

Melibatkan semua pihak, dan dengan kita bermusyawarah, dan pada akhirnya, faidza ‘azamta fatawakkal ‘alallah.

Sekali lagi, “Apa yang kita lakukan bukan semata berorientasi kepada hasil yang kita capai, tapi kita harus siap berproses dan bagaimana perjuangan kita karena hasil itu hak prerogatif Allah.”

Semoga Allah memudahkan usaha dan kerja keras kita. Dan semoga diridloi oleh-Nya. Aamiin.

# Pengarahan KH.Tauhidullah Badri, disampaikan pada acara, “Pembentukan Panitia Pelantikan Akbar Organisasi-Organisasi Mitra PP.Badridduja Kraksaan,

Hari Kamis (malam Jum’at)

Tanggal 12 Oktober 2017

bertempat di Kantor PP.Badridduja Kraksaan Probolinggo

 

Publisher : Sanusi Wardana

Komentar

Informasi Terbaru