oleh

Pesan KH Tauhidullah Badri, 5B Tips Sukses Lulusan Sekolah

Pesan KH Tauhidullah Badri, 5B Tips Sukses Lulusan Sekolah

Sabtu, 11/07/2020 Pengasuh Pondok Pesantren Badridduja Kraksaan, KH Tauhidullah Badri, menyampaikan Tips Sukses bagi Lulusan Sekolah atau Madrasah dengan “5 B.”

Pesan “Tips Sukses” ini disampaikan pada acara, Tasyakkuran Kelulusan dan Kenaikan Kelas SMP, MTs, SMA, MA dan Madin Asas Badridduja Kraksaan Probolinggo Tahun Pelajaran 2019/2020. Acara ini berlangsung pada hari Sabtu, 11 Juli 2020, di PP Badridduja Kraksaan.

Khususnya kepada para lulusan sekolah atau madrasah, berikut pesan KH Tauhidullah Badri :

“Jika ingin berhasil dan sukses, tidak cukup sampai wisuda dengan toga kebanggaan dan foto dimana-dimana. Tapi keberhasilan dan kesuksesan itu bisa terwujud dengan 5 B.

B pertama: Bersyukur

Bentuk syukurnya wali murid agar putra-putrinya memiliki ilmu yang barokah adalah bersyukur kepada guru-guru yang telah berusaha mendidiknya.

Termasuk di antara bukti kongkrit syukur, wali murid mengusahakan agar seperti uang indekos putra-putri bagi wali muridnya jangan sampai nunggak atau tidak dibayarkan, apalagi sampai lulus sekolah atau dari pesantren, uang indekosnya masih belum sempat dibayarkan.

B yang kedua : Belajar terus-menerus

Walaupun lulus Universitas dimana pun, tetaplah buka buku, buka wawasannya. Kepada para alumni, belajarlah terus! Long Life Education, belajar sepanjang hayat. Seperti kitab yang pernah diaji di pesantren diupayakan untuk dibacanya: Apa yang telah dipelajari di pondok, buka lagi kitabnya!

“Kehidupan itu butuh panduan. Dan ilmu itulah yang dapat memandu kita.”

Asah terus…
Potensinya tetaplah dikembangkan…
Secara intelektual diasah terus…
Secara emosional diasah terus…
Dan secara spritual diasahlah terus…!

B yang ketiga: Berbuah

Ilmu yang berbuah dengan iman dan akhlaknya. Bertambah rasa takut kepada Allah dan bertambah amalnya.

“Jangan sampai kualitas dan kuantitas ibadahnya (semacam ibadah shalatnya) menurun dibandingkan ketika masih berada di Pondok Pesantren!”

B yang keempat: Bermanfaat

Khairunnas anfa’uhum linnas, sebaik-baik manusia memberikan manfaat kepada orang lain.

B yang kelima: Berdoa

Intelektual saja tidak menjamin. Karena itu berdoalah kepada Allah. Ibarat pohon yang berbuah, maka menanamlah dengan amalan-amalan untuk menggapai kesuksesan!

Kiai Tauhidullah Badri (Pengasuh PP Badridduja)

Penulis : Saifullah

Publisher : Sanusi

Komentar

Informasi Terbaru