oleh

Praktek Kerja Lapangan Pelajaran IPA Terpadu SMP Badridduja FDS di Wisata Edukasi Kambing Senduro Lumajang

LUMAJANG-(01/11/2019) Praktek kerja lapangan Pelajaran IPA Terpadu SMP Badridduja FDS di wisata edukasi kambing senduro dan mengolah susu menjadi keju.

1 Nopember 2019 di goatzilla farm dan cafe di kandang tepus Senduro Lumajang.

Dalam rangka untuk menambah pengetahuan d bidang biotekhnologi, Kelas 9b mengadakan praktik kerja lapangan di Goatzilla Farm & Cafe berangkat dari pondok jam 05.00 Wib kurang lebih 3 jam perjalanan untuk menmpuh tempat peternakan kambing.

Sesampai disana kami disambut dengan baik oleh bapak Lufi dan bapak Saiful selaku pengembang peternakan kambing senduro dan pengolahan susu, disana siswi mendapatkan ilmu tentang budidaya kambing etawa, kambing perah, pengolahan susu, serta kewirausahaan.

Siswi antusias mendengarkan mendengarkan arahan dari bapak lutfi.
Selesai mendengarkan ilmu tentang kambing etawa, siswi langsung diajak untuk praktik memerah susu kambing dan langsung meminum hasil perahannya, satu per satu siswi bergantian untuk mencoba memerah susu kambing, setalah itu siswi juga diajak untuk memberi makan kambing.

Semua kambing yang ada dikandang semuanya bersih-bersih, sehingga siswi tidak segan-segan untuk menggendongnya, kurang lebih 1-jam bermain di kandang kambing, siswi diajak untuk mengolah hasi perahan susu kambing menjadi keju, waktu yang disiapkan hanya 1 jam, berhubung cuaca tida mendukung jadi proses pembuatan keju agak molor, karena susu yang sudah diberi asam sitrat dan revent tidak mengembang maksimal, dengan berkelompok.

Mulai dari mempersiapkan barang sampai packing selesai, siswi diberi kesempatan untuk membawa keju hasil praktik dan olahan susu yang siap jual seperti yang di kemas dalam botol serta membawa yoghurt dari susu kambing senduro.

Pada intinya siswi mendapatkan banyak ilmu tentang membudidaya dan merawat kambing perah, serta cara pengolahn susu dan cara pemasarannya.

 

Penulis : Anik

Publisher : Sanusi

Komentar

Informasi Terbaru