oleh

Tahlil ke-5 Wafatnya KH Muzayyan Badri, Isi Ceramah KH Romzi : Tiga Amal Kebajikan untuk KH Muzayyan Badri

KRAKSAAN—Dalam kesempatan Tahlilan ke-5 hari (Jum’at, 7 Februari 2020) wafatnya KH Muzayyan Badri yang dilaksanakan di masjid Darussalam PP Badridduja Kraksaan Probolinggo, menurut KH Romzi Al Amiri Mannan, dari Ponpes Nurul Jadid Paiton, terdapat tiga amal kebajikan yang akan mengalir untuk almarhum KH Muzayyan.

Kebajikan adalah sesuatu yang mendatangkan kebahagiaan dan keselamatan. Tiga amal kebajikan inilah, harapan KH Romzi untuk almarhum sebagai bekal menghadap Allah SWT.

Ilmu agama yang bermanfaat, anak sholeh yang selalu mendoakan ortunya dan sedekah jariyah adalah di antara amalan yang bermanfaat bagi almarhum Kiai Muzayyan.

KH. Romzi Al Amiri Mannan (PP. Nurul Jadid)

Di hadapan jamaah tahlil, Kiai Romzi, menyebutkan sebuah hadits dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
إِذَا مَاتَ الْإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَمَلُهُ إِلَّا مِنْ ثَلَاثَةٍ مِنْ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ وَعِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ وَوَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ

“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara (yaitu): sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh” (HR. Muslim).

Pertama, sedekah jariyah

Sedekah jariyah dalam hal ini, seperti yang disampaikan oleh Kiai Romzi, diharapkan menjadi ladang amal yang terus mengalir. Istilah Kiai Romzi, “nan-dinan” selama hidupnya diharapkan sampai pada almarhum KH Muzayyan.

Kedua, ilmu yang bermanfaat

Dalam hal ini, Kiai Romzi menyatakan :

“Se ebulengagi re saare teap malem dhe’ ka santre moge-moge daddi aleran saengge daddi sango dhe’ ka ajunan epon Allah SWT (Yang diajarkan tiap hari tiap malam pada santri-santrinya semoga tetap mengalir, jadi sangu, menghadap kelak kepada Allah SWT).”

Ketiga, doa anak yang sholeh

KH Muzayyan meninggalkan beberapa putra. Mereka itulah, menurut Kiai Romzi, yang bakal mendoakannya kepada almarhum KH Muzayyan :

“Adinggel potra neka se bhekal adu’a mengalir dhe’ ka almarhum KH Muzayyan (Meninggalkan putra inilah yang akan mendoakan, mengalir pada almarhum KH Muzayyan).”

 

Penulis : Saifullah

Publisher : Sanusi

Komentar

Informasi Terbaru