Sabtu , November 17 2018
Home / Pendidikan / Tugas dan Fungsi Pendidikan Islam dalam Perspektif KH.Badri Mashduqi

Tugas dan Fungsi Pendidikan Islam dalam Perspektif KH.Badri Mashduqi

Bisa kita lihat, betapa anak didik amat lemah pendidikan moralnya sehingga memunculkan rasa kecewa oleh berbagai pihak, baik kekecewaan dirasakan oleh guru, orang tua dan masyarakat luas. Jika hal demikian terus-menerus tidak diatasinya, maka dampaknya semakin meluas dan pada akhirnya rasa kecewa itu memunculkan pesimisme terhadap dunia pendidikan. Dalam hal ini, KH.Badri Mashduqi menyatakan :

“Saya sebenarnya menginginkan supaya sebelum mencanangkan wajib belajar, pemerintah mempunyai daftar lengkap mengenai soal mana daerah yang lemah pendidikan moralnya. Sebab saya tidak ingin kelihatannya pendidikan maju tapi pendidikan moral masih belum tampak mengimbangi”

Dalam konteks yang berbeda, Kiai Badri memandang bahwa pendidikan itu sebetulnya mempunyai fungsi untuk terus meningkatkan kualitas pada dirinya. Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) sangatlah penting dijadikan ukuran kemajuan suatu bangsa. Bahkan, jika kualitas SDM rendah maka mutu keberagamaan pun ikut rendah. Berikut Kiai Badri menegaskan :

“Salah satu persoalan yang melilit umat Islam dewasa ini adalah rendahnya kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Dengan kualitas SDM yang rendah, maka masyarakat Islam tidak mampu bersaing dengan masyarakat lainnya di dalam banyak aspek kehidupan. Bukan hanya itu, mutu keberagamaan pun ikut menurun.”

Dengan demikian, bagi Kiai Badri, tugas strategis dari pendidikan adalah meningkatkan kualitas SDM. Karena itu, Kiai Badri memberikan perhatiannya, seiring dengan beberapa ajaran Islam untuk menekankan pentingnya anak, dan kewajiban orang tua terhadapnya seraya Kiai Badri berharap : “Kita perlu memprioritaskan program pengembangan SDM umat Islam agar kelak mampu menjadi leading society (khaira ummah) yang pernah dicapai di zaman klasik Islam”.

Daftar Referensi (kutipan) di atas diperoleh dari naskah tentang Pendidikan dan sebagian makalah KH.Badri Mashduqi.

 

Check Also

Pak Guru Ahmad Budi Cahyono, Aku Terpukul Mendengar Berita Kepergianmu

Pak Guru Ahmad Budi Cahyono Aku juga Guru Guru MTs dan MA Badridduja Kraksaan Probolinggo …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *